Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Contoh Buah Eksklusif yang ada di Indonesia

Apa yang dimaksud buah eksklusif? Buah ini adalah jenis buah-buahan yang memiliki karakteristik berbeda dan istimewa dibanding dengan buah lokal yang biasa tumbuh di Indonesia. Hal ini lah yang membuat buah eksklusif menjadi berbeda dari buah yang umum ditemukan di pasar lokal kita. 

Selain mengkonsumsi sayuran, masyarakat di Indonesia juga gemar mengkonsumsi buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan seratnya. Buah buahan lokal seperti rambutan, durian, manggis, salak dan sebagianya memang cukup populer.

Tapi yang namanya buah eksklusif juga banyak penggemarnya lho. Biasanya buah ini memiliki nilai harga yang tinggi, rasa yang relatif lebih enak dan khas, serta memiliki nilai tertentu. Adapun ciri-ciri dari buah eksklusif antara lain seperti ketersediaannya yang terbatas.

Hal ini dikarenakan buah jenis ini hanya tumbuh di daerah tertentu dengan lingkungan yang spesifik, punya harga yang relatif lebih tinggi dari buah lokal dan dan rasanya yang unik serta khas.


Jenis Buah Eksklusif

jenis buah eksklusif

Ada juga sebagian dari buah-buahan eksklusif yang bisa ditanam (walau tidak maksimal produksinya) dan dijual di Indonesia. Tentunya dengan harga tinggi seperti yang akan dijelaskan oleh mimin kosngosan.com dibawah ini :


Buah Naga

Kombinasi kandungan vitamin C dan antioksidan membuat buah naga menjadi salah satu pilihan buah yang dapat mengatasi jerawat membandel.

Buah ini dapat dijadikan masker dan diaplikasikan pada wajah yang berjerawat langsung. Dengan memakai masker buah naga secara teratur, kulit juga akan terbantu beregenerasi dimana sel kulit mati akan terangkat dan digantikan dengan sel kulit baru.

Baca juga : Contoh Sayuran Biji yang Sering ditemukan di Pasar


Jambu Air King Rose Apple

Jambu air king rose apple dapat membantu kulit yang terkena infeksi, baik yang disebabkan oleh jamur ataupun virus.

Anti inflamasi dan anti mikroba yang terkandung di dalamnya dapat membunuh jamur dan virus saat mereka menempel di kulit.


Jeruk Sunkist

Masalah komedo di sekitar hidung adalah masalah kecantikan kulit yang dapat diatasi dengan jeruk sunkist. Caranya, kamu hanya perlu memarut kulit jeruk sunkist dan mencampurnya dengan yoghurt. Kemudian, campuran kedua bahan ini dioleskan ke area sekitar hidung yang berkomedo.


Blackberry

Jika kamu mengalami masalah kulit berminyak maka kamu dapat menambahkan blackberry ke dalam menu dietmu.

Atau kamu juga dapat membuat pasta pembersih kulit alami dengan mencampurkan jus blackberry dengan tanah fuller. Pembersih kulit alami ini dapat membantu mengurangi kandungan minyak pada kulit wajah, mengecilkan pori-pori, dan memurnikan kulit dari dalam.


Blueberry

Blueberry adalah salah satu buah yang dapat kamu masukkan ke dalam menu dietmu dengan menjadikannya cemilan atau teman sarapan.

Buah ini mengandung banyak sekali vitamin termasuk vitamin A, B, C, dan E dan berbagai zat lain seperti antosianin, natrium, kalium, dan sebagainya. Mengonsumsi blueberry dapat membantu pertumbuhan sel yang sehat pada kulit wajah dan memperlambat proses penuaan.


Raspberry

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, mungkin raspberry dapat menjadi pertimbanganmu karena buah ini dapat membantu mencegah peradangan dan kemerahan pada kulit sensitif. Penyebabnya adalah kandungan ellagic acid di dalamnya yang pas sekali untuk mengatasi masalah ini.


Kurma

Buah lain yang baik untuk kulit sensitif adalah kurma. Buah ini dapat mencegah munculnya bintik-bintik merah pada kulit yang diakibatkan oleh iritasi.

Selain itu, kandungan dari buah yang kerap menjadi santapan saat bulan puasa ini juga dapat mengurangi kulit kusam karena kandungan vitamin A, B5, dan pantotenat di dalamnya.


Blood Lime

Jika kulit terpapar sinar matahari terlalu lama dan sering, maka kulit akan menjadi gelap. Hal ini dapat diatasi dengan jus blood lime.

Kamu hanya perlu mengoleskan jus yang sudah dicampur dengan tepung gram dan tahu susu (dahi). Campuran ini dioleskan ke kulit yang menggelap sebelum dibasuh dengan air bersih.


Kiwi

Salah satu manfaat kiwi bagi kecantikan kulit adalah mencegah berbagai penyakit kulit. Kandungan omega-3 yang ada di dalamnya sangat ampuh untuk mencegah berbagai penyakit kulit jika dikonsumsi secara teratur. Selain mencegah berbagai penyakit kulit, mengonsumsi kiwi juga dapat membantu menjaga elastisitas kulit.


Jeruk Santang

Sama seperti jeruk sunkist, jeruk santang juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan kulitnya dapat digunakan untuk perawatan kulit secara alami.

Kulit jeruk santang dapat membersihkan pori-pori dari minyak dan kotoran yang kemudian mencegah munculnya jerawat. Pengguanaannya pun sama seperti jeruk sunkist yang dapat kamu jadikan masker dan oleskan ke wajah.


Kesimpulan

Buah eksklusif ini memang bukanlah buah yang istimewa dalam sisi gizi dan kandungannya bila dibandingkan dengan buah lokal. 

Tapi yang menjadikannya nilai lebih dari buah lokal adalah karena keterbatasan ketersediaan, rasa yang unik, dan nilai tambah lainnya. Hal ini lah yang membuat buah eksklusif menjadi komoditas yang sangat diminati di Indonesia.

Jangan lupa share artikel ini, bookmart juga. sampai jumpa pada pembahasan kosngosan.com lainnya teman teman!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya