Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Contoh Wesel Pos yang di Isi Format Word

Contoh Wesel Pos

Keberadaan wesel pos di zaman sekarang memang tidak begitu familiar bagi orang-orang, apalagi anak muda. Kita lebih mengenal teknologi ewalet, ecommerce dan transaksi mobile banking. Namun, fungsi wesel pos tidak hilang begitu saja. Kali ini kosngosan.com akan membahas berbagai contoh template wesel pos yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan.

Wesel pos adalah sistem pembayaran dengan cara mengirimkan uang melalui jasa perusahaan Pos Indonesia. Dahulu, wesel pos ini dimanfaatkan untuk memudahkan orang orang dalam hal pengiriman uang. Akan tetapi sekarang sudah jarang dipakai, karena memang teknologi sudah berkembang pesat.

Kata "Wesel" berasal dari bahasa belanda, yang artinya adalah "surat pertukaran". Sesuai dengan namanya, wesel pos ini berupa pernyataan janji tertulis namun tidak bersyarat dalam hal melakukan pembayaran sejumlah uang pada tenggat waktu tertentu dari pihak pengirim kepada pihak penerima. Dulunya ini adalah alat pembayaran piutang. 

Tapi sering juga digunakan untuk mengirimkan uang lewat jasa pos. Kalau zaman sekarang istilahnya kantor pos dijadikan sebagai rekber pihak ketiga.


Contoh Format Wesel Pos

Format wesel pos yang dimiliki oleh pt pos indonesia memang menjadi standar yang bisa kalian jadikan sebagai referensi. Berikut beberapa contoh wesel pos yang biasanya diiisi oleh si pengirim kepada si penerima :

 Contoh format Wesel Pos

Beberapa hal yang harus diisikan dalam wesel pos adalah sebagai berikut:

  1. Jumlah uang (angka maupun juga terbilang)
  2. Tanggal kirim
  3. Nama dan alamat pengirim
  4. Nama dan alamat penerima
  5. Berita atau pesan
  6. Tanda tangan pengirim

Contoh Wesel Pos Word


Kalian bisa download contoh wesel pos diatas dalam format Word dengan meng klik link berikut ini : Format Wesel Pos 

(kamu akan dialihkan ke halaman safelink, tunggu beberapa detik dan klik tombol download dan kamu akan diarahkan ke halaman google drive).

Cara Kirim Uang pakai Wesel Pos

1. Persiapkan data penerima

Nama lengkap penerima, Alamat lengkap penerima, Nomor telepon penerima (opsional), KTP atau identitas resmi lainnya


2. Jumlah uang yang akan dikirim

Tentukan jumlah uang yang ingin dikirimkan. Kunjungi kantor pos terdekat dan bawa persyaratan yang telah disiapkan. Mintalah formulir wesel pos kepada petugas.


3. Isi Formulir Wesel Pos

Tuliskan nama lengkap mu, alamat lengkap, dan nomor telepon. Tuliskan nama lengkap penerima, alamat lengkap, dan nomor telepon penerima. 


4. Tulis jumlah uang yang akan dikirimkan.

Jika ada pesan singkat yang ingin disampaikan kepada penerima (opsional). Pastikan semua informasi yang sobat kosngosan isi sudah benar dan lengkap.


5. Tahap terakhir

Serahkan formulir yang telah diisi bersama dengan uang yang akan dikirimkan kepada petugas pos. Bayar biaya administrasi yang dikenakan oleh kantor pos.

Setelah transaksi selesai, kamu akan menerima bukti pengiriman. Simpan bukti ini sebagai referensi.  Beritahu penerima bahwa uang telah dikirim dan kapan mereka bisa mengambilnya di kantor pos tujuan. 


6. Tahap pencairan

Penerima akan menerima pemberitahuan dari kantor pos untuk mengambil uang. Penerima datang ke kantor pos yang ditunjuk dengan membawa identitas diri yang sah.

Penerima menyerahkan identitas dan bukti pemberitahuan kepada petugas pos, lalu menerima uang yang dikirimkan.


Kesimpulan

Walaupun perkembangan teknologi pembayaran dan transaksi digital sudah berkembang pesat, namun masih banyak sobat kosngosan.com yang menggunakan wesel pos karena dinilai lebih mudah untuk orang orang pedesaan dan tempat marginal. 

Selain itu kertas wesel pos juga bisa dikoleksi seperti materai dan perangko. Demikian contoh desain wesel pos yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk bookmart dan share artikel ini ya. adios! 

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya